Usaha perikanan | Budidaya lele | Budidaya ikan | ikan lele

Standar

Ada suasana dan hal baru yang telah terjadi di Jombang, tepatnya di dsn.plandaan ds.plandaan kec.plandaan. Tempat atau milik GAPOKTAN PLANDAAN MADANI ramai ditangi oleh para peserta pelatihan budidaya lele. Ternyata diluar dugaan banyak sekali dari golongan peternak yang sudah sukses di bidang lele tersebut, ada juga yang sudah lama berkecimpug di dunia lele sudah lama namun masih gagal, dan ada juga yang bersal dari nol untuk untuk belajar cara beternak lele agar bisa tidak bangkrut disaat harga pakan naik. Oke.. sekarang coba akan saya bahas inti dari acara yang sudah berlangsung tadi pagi.

Guna meningkatkan perbaikan Gizi khususnya bagaimana mendapatkan sumber protein yang murah, dan pemberdayaan masyarakat sebagai suatu usaha memperoleh pendapatan, satu pilihannya adalah pengembangan budidaya perikanan. Meski ide ini kelihatan nya mudah, dalam praktek ternyata tidak sesederhana sebagaimana kita bayangkan. Tingginya angka kematian, kerepotan mengganti air secara periodik atau tingginya biaya pakan (Kosentrat – pellet) adalah masalah – masalah yang mengemuka di lapangan.

Kondisi diperburuk karena mereka yang masuk di dunia kolam ikan sering tidak memiliki konsep yang menyeluruh teta[i lebih lantaran ikutan melihat teman berhasil tanpa berbekal pengetahuan. Mereka berfikir simple bahwa kolam hanya terkait pada penyediaan bak air (Bisa kolam tanah, beton atau terpal), bibit ikan dan kosentrat sebagai pengganti pakan ikan di alam bebas. Alih – alih membayangkan panen, ternyata menuai kegagalan. Tidak sedikit dari para masyarakat kolam yang membiarkan kolamnya kosong, untuk tidak menyebutnya sebagai bangkrut dengan investasi yang percuma.

Ada yang luput dari fikiran ini, bahwa berkolam sebenarnya menyangkut bagaimana membuat ekosistem bagi kesinambungan hidup ikan. Bila ekologi air kolam terpenuhi, seperti di sungai, rawa – rawa, danau dan dilaut, tidak ada yang menabur bibit, mengganti air dan yang memberi makan, ikan – ikan di media alam itu timbuh dan berkembang dengan baik. Dalam kaitan ini yang dimaksud adalah mengembangkan pola berfikir dalam masyarakat bahwa segala sesuatu tindakan dalam perikanan, pertanian, pertanian dan peternakan harus selalu berkonsep kepada sirkulasi ekosistem dan rantai makanan, itu seharusnya yang menjadi basis pola fikir di negara ini. Bila ini yang menjadi fokus, maka berkolam ikan tidak bisa dipahami secara otonom sebagai wilayah perikanan saja, tetapi harus dikembalikan dalam konsep awal yang selama ini kita sudah mempunyai tetapi kita sendiri yang tidak mau memikirkan nya bahkan muli dilupakan yaitu bahwa dalam dunia perikanan, pertanian dan peternakan harus diletakkan dalam konsep yang integral sebagai bagian dari mata rantai ekosistim secara menyeluruh.

About these ads

»

  1. [HANYA KOMENTAR CURHAT DARI SEORANG PENGEMBARA]
    Alhamdulillah…
    Pasukan iblis sukses menyesatkan masyarakat, Gembong FreeMason Yahudi dan anteknya berhasil menjajah lahir bathin negeri ini, krisis Inflasi harga kebutuhan pokok meningkat, Penyakit hubungan kelamin merajalela, Korupsi jamaah pejabat menanjak, Jual beli jabatan pemilu berlanjut, Pengurasan sumber daya alam berjalan, Kebodohan berbasis kemiskinan bertambah, dan masih banyak lagi yang semua itu berujung pada pemurtadan rakyat banyak.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat melihat dengan jelas kebobrokan sistem sekular jahiliyah yang selama ini telah kita terapkan dan kita tuhankan, karena kita telah membuang jauh-jauh sistem Islam kaffah ciptaan “Sang Maha Pencipta Sistem” dari kehidupan kita.
    Alhamdulillah…
    Sekarang kita dapat membuktikan kebenaran sabda Nabi Muhammad berikut ini:
    Dari Abdullah bin Umar dia berkata,
    “Rasulullah SAW menghadapkan wajah ke kami dan bersabda:
    “Wahai golongan Muhajirin, lima perkara apabila kalian mendapat cobaan dengannya, dan aku berlindung kepada Allah semoga kalian tidak mengalaminya;
    1. Tidaklah kekejian menyebar di suatu kaum, kemudian mereka melakukannya dengan terang-terangan kecuali akan tersebar di tengah mereka penyakit Tha’un dan penyakit-penyakit yang belum pernah terjadi terhadap para pendahulu mereka.
    2. Tidaklah mereka mengurangi timbangan dan takaran kecuali mereka akan disiksa dengan kemarau berkepanjangan dan penguasa yang zhalim.
    3. Tidaklah mereka enggan membayar zakat harta-harta mereka kecuali langit akan berhenti meneteskan air untuk mereka, kalau bukan karena hewan-hewan ternak niscaya mereka tidak akan diberi hujan.
    4. Tidaklah mereka melanggar janji Allah dan Rasul-Nya kecuali Allah akan kuasakan atas mereka musuh dari luar mereka dan menguasainya.
    5. Dan tidaklah pemimpin-pemimpin mereka enggan menjalankan hukum-hukum Allah dan tidak menganggap lebih baik apa yang diturunkan Allah, kecuali Allah akan menjadikan saling memerangi di antara mereka.””
    (HR Ibnu Majah nomor 4009, lafal baginya, dan riwayat Al-Bazar dan Al-Baihaqi, shahih lighoirihi menurut Syaikh Al-Albani dalam Shahih At-Targhib wat-Tarhib hadits nomor 1761).
    Sekarang manakah diantaranya yang belum terjadi? Masih belum cukup?
    Alhamdulillah…
    Selama generasi kita tidak memurikan tauhid dan tidak menerapkan sistem Islam kaffah (dalam khilafah), maka insyaAllah generasi penerus kita juga dapat langsung membuktikannya juga.
    Alhamdulillah…
    ________________
    “Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.” (Q.S. 4:147)
    “Allah-lah yang menjadikan malam untuk kamu supaya kamu beristirahat padanya dan menjadikan siang terang benderang. Sesungguhnya Allah benar-benar mempunyai karunia yang dilimpahkan atas manusia, akan tetapi kebanyakan manusia tidak bersyukur.” (Q.S. 40:61)

  2. INFO: Suplemen Organik Tanaman (SOT) produk PT HCS Sidoarjo, untuk meningkatkan hasil produksi pangan tanpa pupuk kimia, lebih hemat, hasil meningkat dan hama terkendali. Suplemen Organik Cair (SOC) untuk segala ternak akan lebih meningkat penghasilannya, menurun biayanya, dan lebih aman dikonsumsi dagingnya karena organik. Lagi pula kotorannya tidak berbau. Selengkapnya buka http://hcssukses.blogspot.com/p/produk.html.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s