Peluang bisnis pendidikan

Standar

Melihat keadaan bangsa yang seperti ini. Maka kita sebagai pengusaha seyoya nya untuk melihat sebuah peluang yang begitu besar dala, bidang pendidikan. Agar kita mampu bekerjasama dengan pemerintah untuk memajukan SDM yang ada.

Saat ini banyak institusi yang mulai menawarkan peluang bisnis pendidikan dengan menggunakan sistem franchise. Mengingat peluang pasarnya masih sangat bagus, dan prospeknya juga sangat menjanjikan, tak heran bila belakangan ini lembaga pendidikan berlabel franchise mulai menjamur di berbagai penjuru kota.

Hal konsumen
Peluang pasar bisnis franchise pendidikan masih sangat luas. Sebab sekarang ini  mulai dari anak balita (anak dibawah lima tahun), sampai para mahasiswa dan masyarakat umum membutuhkan pendidikan baik formal maupun non formal untuk menunjang masa depan mereka. Tentu keadaan ini memberikan peluang besar bagi Anda untuk membidik pangsa pasar yang sesuai dengan program pendidikan yang ditawarkan.

Informasi bisnis

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan pola pikir para orang tua akan pentingnya bekal pendidikan bagi putra-putri mereka. Mendorong beragam bentuk bisnis pendidikan mulai ditawarkan di pasaran untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Lihat saja bisnis pendidikan yang saat ini mulai dikembangkan melalui investasi franchise, seperti playgroup (kelompok bermain) bagi anak balita, sekolah formal (SD, SMP, sampai SMA), lembaga bimbingan belajar, atau lembaga kursus ketrampilan (seperti kursus bahasa asing, belajar alat musik, menggambar, bernyanyi, menari, dll).

Bagi Anda yang tertarik dengan peluang bisnis pendidikan, berikut hal-hal penting yang perlu disiapkan sebelum membeli sebuah kemitraan

  1. Siapkan lokasi usaha yang cukup strategis. Sebelum membeli sebuah kemitraan, sebaiknya Anda mencari lokasi usaha yang memiliki peluang pasar cukup potensial. Usahakan pilih lokasi usaha di wilayah perkotaan, karena masyarakat perkotaan sangat mementingkan kualitas pendidikan bagi putra-putrinya.
  2. Sebelum memutuskan membeli franchise, carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai reputasi brand franchise yang ditawarkan. Keberadaan brand menjadi modal utama Anda untuk menjalankan bisnis franchise, mengingat semakin ternama brand yang Anda beli maka semakin besar peluang pasar yang Anda miliki. Misalnya saja seperti lembaga bimbingan belajar Primagama, atau lembaga kursus bahasa asing EF (English First).
  3. Mintalah informasi tentang laporan keuangannya. Periksa laporan tersebut dengan teliti, bila perlu mintalah bantuan orang-orang yang ahli dibidang keuangan untuk meyakinkan diri Anda apakah franchise tersebut layak dibeli atau tidak.
  4. Melakukan survey pasar untuk mengetahui perkembangan bisnis para franchisee yang sudah bergabung terlebih dahulu. Dari para franchisee Anda dapat menggali informasi tentang seberapa besar prospek bisnis yang dimiliki brand tersebut.
  5. Mencari tenaga kerja yang benar-benar ahli dan sudah berpengalaman. Meskipun para franchisor memberikan pelatihan (training) pada calon franchiseenya, namun tidak ada salahnya bila Anda menyiapkan tenaga kerja yang benar-benar handal untuk dilatih menjadi tentor atau guru yang berkualitas.

Keunggulan bisnis pendidikan

Pendidikan merupakan bagian dari kebutuhan primer masyarakat yang selalu dibutuhkan sampai kapanpun. Jadi tidak salah bila Anda menekuni bidang ini untuk dijadikan sebagai peluang usaha yang menguntungkan. Disamping tingginya nilai kebutuhan masyarakat terhadap pendidikan, bisnis franchise di bidang pendidikan memiliki segmen pasar yang cukup jelas. Sehingga para pelaku usaha tidak perlu khawatir dalam menjalankan peluang bisnis ini, karena pangsa pasarnya cenderung terus meningkat tanpa terpengaruh adanya perubahan musim ataupun perkembangan trend tertentu.

Kekurangan bisnis
Sedangkan kendala yang sering dihadapi para franchisor maupun franchisee dibisnis pendidikan adalah tingginya angka persaingan dibidang tersebut. Saat ini jumlah franchisor maupun franchisee yang mengibarkan bendera franchise dengan brand lokal maupun brand internasional semakin meningkat tajam. Kondisi ini juga diperketat dengan meningkatnya jumlah sekolah formal maupun non formal yang mulai didirikan oleh pihak pemerintah. Tentunya hal ini membuat persaingan antar pelaku usaha semakin padat, sehingga satu sama lain saling berlomba untuk menawarkan yang terbaik bagi calon konsumennya.

Strategi Pemasaran

Bergerak dibisnis jasa menuntut Anda sebagai pelaku usaha untuk bisa memberikan pelayanan prima bagi setiap konsumen Anda. Karena itu berikan fasilitas yang terbaik, pengajar yang terbaik, dan program belajar yang berkualitas untuk membangun loyalitas konsumen Anda. Semakin tinggi loyalitas konsumen yang tercipta, maka semakin besar pula peluang bagi bisnis Anda untuk dipromosikan melalui mulut ke mulut (word of mouth).

Selain itu Anda juga bisa menggunakan strategi promosi lokal untuk memperkuat brand franchise yang ditawarkan. Misalnya saja dengan membagikan brosur atau pamflet di sekitar lokasi usaha, memasang neon box di depan lembaga pendidikan Anda, memasang iklan di media massa, memberikan program beasiswa atau potongan biaya bagi siswa-siswa yang berprestasi, atau sekedar ikut di event-event tertentu (seperti pameran pendidikan dan bazar sekolah) untuk mengenalkan lembaga pendidikan Anda kepada pangsa pasar yang Anda bidik.

Kunci sukses
Kunci kesuksesan bisnis franchise pendidikan terletak pada pelayanan yang ditawarkan kepada para konsumen. Cobalah untuk menawarkan program pendidikan terlengkap, memberikan kurikulum yang benar-benar teruji, dan menghasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas tapi juga memiliki skill yang cukup bersaing. Sehingga konsumen puas, bisnis Anda pun dapat berkembang luas.

Untuk memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang tertarik mencoba peluang bisnis franchise dibidang pendidikan. Berikut ini kami informasikan salah satu contoh analisa ekonomi dari penawaran franchise pendidikan anak (playgroup-TK Islam) yang dapat Anda jadikan sebagai ide bisnis.

Menurut para pengusaha :

Purdi e Chandra : Dalam kelas Enterpreneur University nya beliau pernah berucap, ada 3 bisnis yang sangat berprospek yaitu :

  1. Bisnis pendidikan : Karena semua orang haus akan ilmu, bukan hanya ilmu dari kulaih saja saat ini yang dibutuhkan. Karena lapangan pekerjaan yang begitu ketatnya persaingan nya pun membutuhkan keahlian.
  2. Makanan : Selama manusia masih normal. Semua pasti butuh makanan
  3. Kesehatan : Manusai mulai sadar akan kesehatan untuk hari tua mereka, kebanyakan mereka disibukkan dengan pekerjaan dan mencari uang tanpa memperdulikan kesehatan tubuh nya. Uang untuk kebahagiaan tapi jika tidak diiringi dengan jiwa dan jasad yang sehat. Apa kata dunia??? ^_^

shareSerials online

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s